Ilmu angka dan huruf

Pada suatu sore cerah dengan angin semilir yang bertebak melirih rindu …

Murid: “Guru… saya lucu liat temen saya cocok-cocokin ayat-ayat kitab suci pake rumus angka buat ngeramal arti nama saya 🤣. Emang ilmu kayak gitu ada Guru ?”

Guru: “Sepengetahuan ku ada ilmu seperti itu anakku”

Murid: “Lho berarti tebakan temen saya itu mengenai makna nama saya bener dong ? 😮”

Guru: “Belum tentu, karena ilmu seperti itu ada kaidahnya, ada sistemnya, ada riyadhahnya dan ada adabnya. Sepengetahuanku para sepuh saja sangat sedikit yang menguasai ilmu tersebut…”.

Murid: “Wah gimana tuh guru penjelasannya …?”

Guru: “Yang aku tau, ilmu tersebut biasa digunakan para sepuh untuk mengetahui kondisi tempat mereka hidup, apakah akan terjadi bencana besar atau tidak, entah bencana alam, bencana akhlak, bencana agama, dan lain-lain. Sangat jarang bahkan tidak pernah dipakai untuk menelisik rahasia seorang manusia memakai ilmu itu, karena sudah keluar dari adabnya, jika dipakaipun maka hasilnya hanya dikonsumsi oleh para sepuh…”

Murid: “kenapa begitu guru …?”

Guru: “Para sepuh menggunakan ilmu tersebut untuk menjaga agar kondisi alam ini seimbang, tidak hancur secara sempurna, atau jika ada bencana besar, untuk memperminim akibat dari bencana tersebut terhadap suatu negeri. Kenapa hasil perhitungan itu tidak bisa dikonsumsi secara umum, yaah pada umumnya manusia itu tak akan kuat jika tau apa yang ada dibalik semua kejadian dalam hidup ini..”

Murid: “mmm .. ooh.. jadi guru …”

Dari dalam terdengar suara perempuan memanggil, … “kongkow aja akii .. ajak si ujang makan, nih udah masak ikan asin ada sambel goangnya juga,…”.

Guru: “aaah nenek2 udah manggil, hayuu anaking urang makan … nanti lanjut ngobrolnya ..

Murid: “haduuuh … lagi seru … hayu lah… lapar juga nyium wangi ikan asiiin …udah kebayang aja nyocol sambel goang …”🤤

Photo under license  Pixabay.com

Facebook Comments
BerlanggananDapatkan ebook gratis dan penawaran menarik

Berlangganan untuk selalu update jika blog ini menulis artikel baru. Ada penawaran menarik seperti ebook gratis, diskon buku, dan lain-lain.

error: Content is protected !!