Santet

Bagi masyarakat indonesia terkhusus yang suka mengkaji mengenai ilmu leluhur, mungkin sudah sangat mengenal kata santet. Beragam definisi mengenainya bisa ditemukan di mesin pencari internet. Yang  akan saya bahas dalam artikel ini adalah jenis santet dan cara kerjanya dalam bahasan ilmu makrifat dan  kabuhunan.

Saya diperkenalkan kepada ilmu kabuhunan itu oleh ayah saya, beliau memperkenalkan saya kepada almarhum guru tercinta, yang kemudian dari beliau lah pengetahuan mengenai kajian kabuhunan dimulai.

Awalnya yang saya pelajari dari kajian kabuhunan dari almarhum guru adalah bab ilmu sareat, yaitu ilmu pengobatan atau ilmu tabib atau ilmu medis atau ilmu kedokteran yang diwariskan oleh para leluluhur.

Dalam kajian ilmu sareat ada tata cara pengobatan berbagai penyakit dengan melalui metode yang diwariskan oleh para leluhur, baik itu penyakit medis atau non medis.

 

Medis dan non-medis

Dalam kajian ilmu sareat masa kini penyakit berdasarkan jenisnya itu ada dua yaitu penyakit yang melanda organ luar serta penyakit yang melanda organ dalam.

Dari jenis penyebabnya ada dua pula, jika penyebabnya terjadi dari proses alami, seperti akibat salah makan, akibat usia lanjut, akibat kecelakaan, gejalanya terdeteksi sejak dini.

Bisa di deteksi oleh alat-alat medis, bisa di identifikasi oleh dokter, bisa dipengaruhi oleh obat yang diresepkan dokter, dan hal-hal yang sesifat dengan hal-hal tersebut maka disebutlah sebagai penyakit medis.

Jika penyebab penyakitnya tidak dapat dideteksi oleh alat medis dan tidak bisa diindentifikasi oleh dokter, atau alat medis dan dokter kebingungan dalam mendeteksi dan mengidentifikasinya, serta tidak terpengaruh oleh obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengobatinya, dan hal-hal yang bersifat seperti hal-hal tersebut, maka ini disebut sebagai penyakit non-medis.

 

Tentang Santet

Dalam budaya masyarakat sekarang santet dikenal sebagai ilmu yang sangat merugikan, ilmu setan, ilmu sihir, ilmu hitam, dan stigma-stigma negatif lainnya.

Dalam kajian ilmu kabuhunan bab ilmu sareat santet pada awalnya adalah cabang dari ilmu sareat, yang berfungsi sebagai ilmu pengobatan yang digunakan oleh para leluhur untuk menjaga kestabilan kesehatan masyarakat dan juga kestabilan kesehatan alam sekitar.

Dalam ilmu santet pada masa dahulu kala ketika ada masyarakat yang sakit maka para leluhur mengobatinya menggunakan ilmu ini.

Untuk mendeteksi potensi bencana alam atau untuk menanggulangi ketika ada bencana alam, maka para leluhur menggunakan ilmu santet pula.

Ilmu ini menjadi terbagi dengan adanya santet jahat atau santet yang berdampak negatif bagi manusia dan alam itu adalah ketika ada oknum yang mempergunakan ilmu santet yang pada awalnya adalah sebagai ilmu pengobatan digunakan menjadi alat pembunuh atau alat untuk menyakiti.

Secara bertahap dari zaman ke zaman ilmu ini dipisahkan oleh oknum yang murni jahat menjadi terpisah dari ilmu sareat, hingga sampai pada masa dimana masyarakat umum hanya mengetahui ilmu ini sebagai ilmu jahat.

Lanjutkan Membaca Kajian Ini

Jika Anda ingin  melanjutkan membaca kajian ini secara lengkap, silahkan klik link berikut ini >> Makrifat Santet <<

Dalam tulisan lengkapnya Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai:

Jenis Santet dan Cara Kerjanya

  1. Samber nyawa
  2. Rangsak
  3. Murag
  4. Dan lain-lain

Facebook Comments

Jalu Kaba

Jalu Kaba adalah owner, web designer, web master, editor, pengelola, sekaligus penulis di blog ini. Suka baca buku, mendengarkan musik, dan menonton film dari berbagai genre. Dia juga aktif sebagai musisi dengan alias Jalu Kaba X.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: