Manusia Sempurna Chord 3

Muqadimah

Manusia Sempurna Chord. Manusia dalam kehidupannya tentu ingin mencapai apa yang dinamakan manusia yang sempurna.

Kata sempurna sendiri dapat bervariasi bagi tiap orang, karena sempurna bagi seseorang belum tentu sempurna bagi manusia selainnya.

Jika mampu mengetahui Manusia Sempurna Chord, maka tiap manusia akan dapat sempurna sesuai kebutuhannya. 

 

Manusia Sempurna Chord Biasanya

Mungkin terkadang kita pernah bertanya dalam hati. 

Kenapa manusia harus saling memerangi? Bukankah mereka sadar bahwa semua itu merugikan, baik untuk pihak yang menang maupun pihak yang kalah. 

Jika ada keuntungan bagi pemenang, maka bagi pihak yang kalah akan menyisakan dendam yang sangat sulit untuk dihapuskan. 

Pihak yang kalah akan terus berusaha membalas kekalahannya dengan cara apapun. Jika suatu saat mereka dapat membalasnya, mereka juga akan dibalas lagi oleh pihak yang juga kalah dari mereka. Begitulah seterusnya, balas membalas tiada henti hingga hari akhir.

Ya.. memang manusia biasanya sadar bahwa peperangan itu merugikan. Hanya terkadang ada situasi yang membuat manusia terpaksa harus berperang. 

Keadaan-keadaan yang membuat manusia terpaksa harus berperang inilah yang seharusnya dicegah untuk timbul. 

Seperti suatu kelompok yang memaksakan keinginannya kepada kelompok lain. Suatu kelompok yang memaksakan pendapat politiknya kepada kelompok lain.

Suatu kelompok yang memaksakan pendapat agamanya kepada kelompok agama yang lain.

Suatu kelompok yang memaksakan pendapat sosialnya kepada kelompok sosial yang lain. Dan lain-lain. 

Aksi pemaksaan-pemaksaan ini dapat menimbulkan pertikaian yang menuju kepada peperangan jika berlarut-larut.

Karena suatu kelompok yang dipaksa mengikuti keyakinan kelompok lain, tentunya akan mempertahankan keyakinan kelompoknya. 

Dan proses memaksa versus proses bertahan ini jika tidak dapat diseimbangkan, maka akan berlanjut ke medan pertempuran. 

Memang sudah pasti setiap kelompok meyakini apa yang ada dalam kelompoknya itu adalah kebenaran.

Anggapan dan perasaan seperti itu tidak menjadi masalah jika tidak dipaksakan kepada kelompok lain. Karena kelompok lainpun pasti meyakini apa yang ada dalam kelompoknya juga adalah kebenaran. 

Anggapan dan perasaan sebagai kelompok yang berada di atas kebenaran bisa diselaraskan jika mau mencari titik temu. Titik temu yang dapat di ambil adalah titik persamaan tujuan. 

 

Manusia Sempurna Chord Titik Temu

Seperti kelompok A meyakini X dan kelompok B meyakini Y, dan ketika ditelusuri ternyata tujuan dari teori yang di imani oleh kelompok A dan kelompok B adalah sama. Nah tujuan yang sama inilah yang dapat menjadi pemersatu antar kelompok yang berbeda. 

Contoh: Jalu meyakini bahwa Tuhan itu berdiam di langit ke 7, sedangkan Kaba meyakini bahwa Tuhan tidak berdiam di suatu tempat karena tidak ada tempat yang mampu didiami oleh Tuhan. 

Walapun keyakinan Jalu dan Kaba berbeda pada masalah tersebut, setelah dianalisa dengan mendalam inti dari ajaran Tuhan yang diyakini Jalu dan Kaba ternyata sama, yaitu “berbuat baiklah pada sesama, peliharalah kelestarian alam, jangan berbuat kerusakan, dan jaga selalu hubungan baik dengan manusia lain”. 

Inti ajaran tersebut dapat mempersatukan Jalu dan Kaba dalam kehidupan, sehingga walaupun mereka berbeda pada banyak hal dalam masalah keyakinan, akan tetapi karena inti dari ajaran Tuhan mereka sama, maka Jalu dan Kaba dapat bersatu padu.

Mereka bekerja sama untuk mengejawantahkan ajaran: “berbuat baiklah pada sesama, peliharalah kelestarian alam, jangan berbuat kerusakan, dan jaga selalu hubungan baik dengan manusia lainnya” dalam kehidupan mereka. 

Kemudian dengan telah pahamnya Jalu dan Kaba akan kesamaan inti dari tujuan keyakinan mereka, maka mereka berdua dan kelompoknya tentu akan selalu menjaga tujuan tersebut dari gangguan dan kerusakan. 

 

Manusia Sempurna Chord Hasibu Anfusakum

Jika hal seperti di atas dapat terwujud, maka perang tidak akan dibutuhkan dan tidak akan pernah terjadi walaupun ada atau banyak perbedaan.

Manusia jika sudah mampu mencari kesamaan tujuan baik untuk diwujudkan bersama daripada mencari perbedaan untuk dijadikan alasan perang, maka manusia tersebut akan dapat mewujudkan perannya di dunia sebagai manusia yang sempurna. 

Akan tetapi jika manusia  belum mampu mencari kesamaan tujuan baik, untuk diwujudkan bersama daripada mencari perbedaan untuk dijadikan alasan perang, maka manusia tersebut malah akan  mewujudkan perannya di dunia sebagai manusia yang cacat kemanusiaannya.

Idealnya memang manusia itu menjadi anugerah bagi alam dan isinya, yang berperan sebagai penjaga dan pemelihara.

Akan tetapi tidak semua manusia mampu mewujudkan entitas ideal tersebut. 

Entitas ideal ini hanya mampu terwujud jika setiap manusia mau dan mampu mengenal, memahami, dan menghisab dirinya sendiri sebelum menghisab orang lain, sesuatu selain dirinya, atau alam sekitar.

Sulit dan memang itu sulit. Yah itulah entitas ideal yang sulit terwujud. Tapi jika manusia mau, yakin dan terus berusaha tanpa kenal menyerah, maka manusia sempurna chord bagi dirinya akan dapat mereka raih. Sehingga dirinya dapat mencapai kesempurnaan sesuai peran dan bidangnya dalam hidupnya.

 

Keces… KLepus… whuUuZz

Facebook Comments
error: Content is protected !!